Selasa, 25 Oktober 2011

Cara Mudah dan Cepat Menyaring Akses

tags: Menyaring Akses Internet, Internet Sehat, Aman Berinternet, Firewall gratis
Mudah dan Cepat Menyaring Akses Internet. Menyaring Akses dengan Cepat dan Mudah. Cara Menyaring Akses Internet Biar Aman. Mungkin ada yang bertanya seperti itu? Salah satu cara menyaring dampak buruk Internet adalah menggunakan Firewall. Firewall tidak selalu harus yang berbayar, ada juga Firewall yang gratisan. Namanya adalah SmoothWall. Aplikasi ini bisa didownload dari http://www.smoothwall.org/get/. Bagaimana cara menggunakannya?

Cara menggunakan Firewall ini adalah sebagai berikut:

1. Bakarlah ISO SmoothWall Express ke dalam CD. Jika sudah menjadi CD, boot komputer dengan CD tersebut sampai muncul layar SmoothWall. Tekan Enter.

2. Kamu akan diminta memasukkan CD SmoothWall Express ke dalam CD-ROM. Tekan Enter lagi.

3. Kotak dialog selanjutnya memberitahu SmoothWall akan diinstal. Tekan Enter. Pada konfirmasi yang menyatakan bahwa harddisk akan diformat, setujui permintaan itu dengan menekan Enter. Tunggu sesaat sampai muncul jendela baru yang menyatakan keberhasilan instalasi.

4. Sekarang atur SmoothWall Express. Jika sebelumnya kamu pernah menyetingnya, SmoothWall akan menawarkan proses konfigurasi otomatis. Berhubung ini konfigurasi yang pertama, jawab dengan No.

5. Jendela berikutnya akan menanyakan keyboard mapping. Pilih jenis keyboard US dan tekan Enter untuk melanjutkan.

6. Masukkan nama untuk hostname. Secara standar, hostname akan terisi smoothwall.

7. Jendela berikutnya adalah Default security policy. Di sini, kamu bisa menentukan tingkat keamanan yang diterapkan. Pilihan Open akan membuat semua akses terbuka, sedangkan Half-open membuat sebagian lain ditutup. Akses yang ditutup biasanya akses yang dianggap berisiko menimbulkan serangan. Sementara opsi Closed akan menutup semua akses. Pilih opsi sesuai dengan tingkat keamanan yang diinginkan, lalu tekan Enter.

8. Di jendela Network configuration type, lalu tekan Enter. Saat jendela Network configuration type terbuka, pilih jenis konfigurasi yang sesuai dengan jaringanmu. Pilih Green kalau jaringan terhubung ke internet lewat modem atau ISDN. Pilih Green + Red kalau terhubung ke Internet melalui kartu jaringan. Untuk jaringan nirkabel yang internet-nya terhubung dengan modem, pilih Green + Purple (Red is modem/ISDN). Pilih Green + Purple + Red kalau jaringan terhubung ke jaringan kabel, nirkabel dan internet.

9. Selanjutnya, pilih menu Drivers and card assignments. Kamu akan diminta mengatur kartu jaringan. Konfigurasi yang ada di sini sangat tergantung pada merek dan tipe kartu jaringan yang digunakan. Kalau sudah selesai, tekan Enter.

10. Pada jendela berikutnya, pilih Probe agar SmoothWall otomatis mendeteksi kartu jaringan. Setelah terdeteksi, kamu harus menentukan kartu jaringan yang dideteksi itu masuk kategori Green atau Red. Pilih Green dan tekan Enter.

11. Tekan Enter untuk kembali ke Network configuration menu. Sekarang klik Address settings. Pilih Green di jendela ini. Saat muncul jendela peringatan, jawab dengan OK.

12. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan alamat IP berikut network mask-nya pada jendela Green Interface. Kalau sudah, klik OK.

13. Ulangi langkah 11 dan 12 sampai semua kartu jaringan berhasil dikonfigurasi, baik yang masuk kategori orange atau purple. Untuk akses Internet melalui kartu jaringan (RED), pilih opsi Red dan tekan Enter. Pilih Static kalau kamu diberi IP statik oleh ISP. Pilih DHCP bila kamu menggunakan IP dinamis. Pilih PPPOE kalau kamu pakai Point to Point Protocol Over Ethernet untuk terkoneksi ke ISP. Pilihan ini tergantung pengaturan ISP. Bila memilih opsi DHCP, kamu harus mengisi hostname DHCP dari ISP. Kalau pakai IP Statik, kamu harus memasukkan alamat IP dan network mask. Bila semuanya sudah lengkap, tekan OK.

14. Sekarang saatnya memilih DNS and Gateway settings. Masukkan IP DNS dan IP gateway. Tekan OK dan pilih Done untuk menutup Network Configuration menu.

15. Kamu akan dibawa ke Section menu untuk mengatur proksi, ISDN, ADSL, dan DHCP server. Kalu sudah, klik Finished.

16. Kamu diminta memasukkan password administrator sebanyak dua kali. Panjang password minimal 6 karakter dan maksimal 25 karakter. Password ini nantinya dipakai untuk mengatur SmoothWall berbasis web saat konfigurasi awal ini selesai. Terakhir, akan muncul jendela konfirmasi bahwa proses setup telah selesai. Kamu bisa menekan OK untuk merestart PC.

17. Usai me-restart, kamu bisa mengakses SmoothWall Express melalui browser. Masukkan nama komputer atau alamat IP firewall di browser, misalnya: http://smoothwall:81 atau https://192.168.0.2:441. Kamu bisa mengakses server melalui port 441 via HTTPS atau port 81 via HTTP. Saat muncul peringatan mengenai sertifikat digital, setujui sertifikat tersebut.

18. Masukkan admin sebagai username dan isikan password sesuai dengan yang telah ditentukan pada proses konfigurasi di awal instalasi. Halaman SmoothWall menampilkan konfigurasi IP dan lalu lintas data yang telah berjalan. Untuk selanjutnya, perubahan konfigurasi firewall bisa dilakukan melalui antarmuka berbasis web.

Sumber: PCplus
Semoga bermanfaat...
Untuk Cara mendapatkan uang Melalui Internet bisa anda baca DiSini
http://dedepurnama.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar