Sabtu, 11 Desember 2010

Pentagon Larang Pakai Flash Disk Gara-Gara WikiLeaks

Pembocoran berbagai dokumen rahasia di WikiLeaks bikin banyak pihak kebakaran jenggot, terutama yang datanya ikut tersebar. Departemen Pertahanan Amerika Serikat pun dilaporkan berusaha mencegah kejadian memalukan itu terjadi lagi.

Larangan pemakaian media penyimpanan seperti USB Flash Disk atau DVD pun muncul di Pentagon. Mayor Jenderal Richard Weber, komandan Air Force Network Operations memerintahkan para tentara segera menghentikan pemakaiannya pada sistem yang terhubung dengan SIPRNET.

SIPRNET, kependekan dari Secret Internet Protocol Router Network merupakan sebuah jaringan terpisah dan rahasia milik Departemen Pertahanan AS. "Semua organisasi Angkatan Udara harus segera melarang aktivitas transfer data SIPRNET di media penyimpanan," demikian tertera dalam perintah tersebut, dikutip dari CNN, Sabtu (11/12/2010).

Menurut situs teknologi Wired yang mengklaim mendapat bocoran dari Pentagon, semua angkatan di militer juga telah merilis peraturan serupa. Hal ini demi mencegah terjadinya kebocoran data militer ke publik.

Beberapa waktu lalu, seorang pekerja di Pentagon dilaporkan mengambil ribuan dokumen dari SIPRNET berbekal sebuah media penyimpanan. Kemudian, dia menyerahkan data tersebut ke pihak WikiLeaks.

Pentagon jelas tidak mau kecolongan seperti itu lagi. Karena itu tidak heran mereka kini sangat ketat menjaga sistem penyimpanan data-datanya yang dianggap rahasia.

http://dedepurnama.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar